twitter




Good governance adalah lebih luas dari good goverment.
Good goverment hanya menunjuk pada organisasi pengelola berdasar kewenangan tertinggi (negara dan pemerintah) sedang good governance melibatkan tidak hanya pemerintah dan negara tetapi juga berbagai faktor diluar pemerintah yaitu negara (state), sektor swasta (private sector) dan organisasi masyarakat sipil (LSM).

 Pengertian good governance.
-       Menurut : Hetifah Sj Sumarto
Good governance adalah mekanisme, praktek, tatacara pemerintah serta warga untuk mengatur sumberdaya dan memecahkan masalah-masalah publik.
-       Menurut : LAN (Lembaga Administrasi Negara)
Good governance adalah prosese penyelenggaraan kekuasaan negara dalam melakukan public good and service.

Prinsip-prinsip dalam good governance.
1.       FAIRNESS = kewajarab prosedural
Fairness adalah suatu prinsip dimana dalam birokrasi pemerintahan dilaksanakan dalam bentuk kewajaran prosedural yaitu birokrasi yang tepat dan berdayaguna.
2.       TRANPARANCY = keterbukaan dari suatu sistem
Adalah prinsip pemerintahan yang baik dan bersih dimana harus ada keterbukaan. Dalam konsep keterbukaan mengandung unsur adanya hak dari publik untuk mengetahui apa yang telah dilakukan penyelenggara negara dalam menjalankan tugasnya sebagimana diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3.       ACCOUNTABILITY = pertanggungjawaban kinerja pemerintah terhadap publik
Kesediaan secara ikhlas untuk mempertanggungjawabkan setiap perbuatan dan tindakan dari aparatur pemerintah dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4.       RESPONSIBILITY = pertanggungjawaban profesional
Prinsip yang berkaitan dengan suatu tanggung jawab dan kewajiban pemerintah kepada publik dimana tugas dan tanggungjawab itu apakah sudah dilaksanakan secara profesional yang didasarkan pada keahlian yang berbasis kompetensi dan memerhatikan pada kode etik yang berlaku.
5.       DISCLOSURE = pelengkap dari suatu kinerja (sarana dan prasarana yang memadai)
Dapat berupa sarana dan prasarana fisik dan non fisik yang dapat mendukung kinerja pemerintah.
6.       CONTROL = pengawasan
Prinsip ini mensyaratkan adanya pengawasan terhadap kinerja pemerintah baik yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pengawasan formal maupun yang dilakukan oleh masyarakat (LSM dan media) sebagai bagian dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan penyelenggaraan negara.

Ciri konsep good governance
-       Dalam konsep good governance, pemerintah hanya menjadi salah satu pemeran dan tidak selalu menjadi peran yang paling menentukan.
-       Akibatnya peran pemerintah sebagai penyelenggara pembangunan ataupun penyedia jasa pelayanan akan tergeser menjadi pendorong para pihak lain (swasta + masyarakat) untuk lebih aktif dalam setiap kegiatan.

Bagaimana mewujudkan good governance?
Good governance akan terwujud apabila kekuatan yang ada dapat saling mendukung yaitu :
1.       Warga dan pihak swasta yang bertanggungjawab aktif dan memiliki kesadaran, bersama dengan
2.       Pemerintah yang terbuka, tanggap, mau mendengar dan mau melibatkan warga, serta
3.       Adanya kontrol yang berjalan dengan baik.

1 komentar:

  1. Ma'af mau tanya itu dari teori siapa dan dalam buku apa ya, thanks

Posting Komentar